Struktur Organisasi

Struktur organisasi pemerintah Desa Balai Kurai Taji adalah sebagai berikut :

Bagan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa

 

Adapun Tugas Pokok dan Fungsi dan masing-masing urusan  terinci sebagai berikut :

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Desa :

  1. Kepala Desa berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Desa yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
  2. Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Kepala Desa memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
    1. menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
    2. melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan.
    3. pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.
    4. pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
    5. menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris Desa :

  1. Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa.
  2. Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan.
  3. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretaris Desa mempunyai fungsi:
    1. melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
    2. melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
    3. melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber- sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan administrasi penghasilan kepala desa, perangkat desa, bpd, dan lembaga pemerintahan desa lainnya.
    4. melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Urusan Umum :

  1. Pelaksanaan administrasi desa.
  2. Pengumpulan bahan-bahan penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
  3. Pembuatan laporan pertnggungjawaban keuangan
  4. Pengelolaan keuangan desa
  5. Penerimaan dan penyaluran bantuan keuangan dari pemerintah desa
  6. Penyusng rencana penggunaan uang
  7. Pelaksanan penataan administrasi keuangan desa
  8. Pelaksanaan pengelolaan barang-barang inventaris dan kekayaan desa
  9. Pelaksanaan pemeliharaan inventaris desa
  10. Pelaksanaan tugas lain yang sesuai dengan bidang tugas berdasarkan ketentuan dan petunjuk serta kebijakan Kepala Desa.

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Urusan Perencanaan :

  1. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan dan program kerja pemerintahan Desa;
  2. melaksanakan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program kerja pemerintahan Desa secara rutin dan/atau berkala;
  3. menyusun pelaporan penyelenggaraan pemerintahan Desa akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan;
  4. melakukan tugas-tugas kedinasan diluar urusan perencanaan yang diberikan oleh kepala Desa atau sekretaris Desa;
  5. melaksanakan musrembang Desa;
  6. menyusun rencana pembangunan jangka menengah Desa;
  7. menyusun Rencana kerja pemerintahan Desa;
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan;.
  9. menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa;
  10. menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan;
  11. melakukan monitoring dan evaluasi program;
  12. penyusunan laporan.

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Urusan Keuangan :

  1. menyiapkan bahan penyusunan anggaran, perubahan dan perhitungan APB Desa;
  2. menerima, menyimpan, mengeluarkan atas persetujuan dan seizin Kepala Desa, membukukan dan mempertaggung jawabkan keuangan Desa;
  3. mengendalikan pelaksanaan APB Desa; d. menggali sumber pendapatan Desa;
  4. melakukan tugas-tugas kedinasan diluar urusan keuangan yang diberikan oleh kepala Desa atau Sekretaris Desa;
  5. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan;
  6. pengurusan administrasi keuangan;
  7. administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran;
  8. verifikasi administrasi keuangan;
  9. admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya.

D.Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Seksi Pemerintahan :

  1. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pemeliharaan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat;
  2. melaksanakan administrasi kependudukan;
  3. melaksanakan administrasi pertanahan;
  4. melaksanakan pembinaan sosial politik;
  5. memfasilitasi kerjasama pemerintahan Desa;
  6. menyelesaikan perselisihan warga;
  7. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan kepala Desa;
  8. melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan;
  9. menyusun rancangan regulasi desa;
  10. pembinaan masalah pertanahan;
  11. pembinaan ketentraman dan ketertiban;
  12. pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat;
  13. kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah;
  14. pendataan dan pengelolaan Profil Desa.

E.Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial :

  1. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pembinaan mental spritual, keagamaan, nikah, talak, cerai dan rujuk, sosial, pendidikan, kebudayaan, olah raga, kepemudaan, kesehatan masyarakat, kesejahteraan keluarga, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak;
  2. melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan;
  3. pembangunan bidang pendidikan dan pembangunan bidang kesehatan;
  4. tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup;
  5. pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.

F.Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Seksi Pelayanan :

  1. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai bidang tugasnya;
  2. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala Desa;
  3. melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat;
  4. meningkatkan upaya partisipasi masyarakat;
  5. pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.

G.Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Kewilayahan / Kepala Dusun :

  1. membantu pelaksanaan tugas kepala Desa diwilayah dusun;
  2. melaksanakan kegiatan dan administrasi pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta membina ketentraman dan ketertiban diwilayah dusun;
  3. melaksanakan peraturan Desa, peraturan dan keputusan Kepala Desa;
  4. melaksanakan pelayanan kepada masyarakat;
  5. menyampaikan informasi tentang ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku di Desa dan diwilayah Dusun;
  6. memberiakan saran dan pertimbangan kepada kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakan yang akan diambil dibidang tugasnya;
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa
  8. Pembinaan ketentraman dan ketertiban pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah;
  9. mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya;
  10. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya;
  11. Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.