Web seminar “Dinamika Politik Lokal Sumatera Barat dalam Kehidupan New Normal” Yang dipimpin oleh Walikota Pariaman

 

Walikota Pariaman (Genius Umar), sebagai narasumber dalam webinar (web seminar) melalui video conference (vidcon) di rumah dinas Walikota Pariaman, Sabtu (27/6/2020). Dengan mengangkat tema “Dinamika Politik Lokal Sumatera Barat dalam Kehidupan New Normal”.
Dalam kesempatan itu, Walikota Pariaman (Genius Umar) mengatakan  dengan telah berakhirnya Pembatasan sosial Berskala Besar (PSBB) dan telah masuknya pada fase New Normal, gerakan secara fisik untuk melaksanakan pilkada ini sangat terganggu.
“ Disamping itu, berbagai ketentuan PSBB (Pembatasan sosial Berskala Besar) yang mengatur kita tidak boleh berkumpul serta berkunjungpun tetap menggunakan protap PSBB dan tentu pilkada ini akan terganggu prosesnya karena situasinya sangat berbeda dengan pilkada sebelumnya “, ujarnya.

Genius Umar (Walikota Pariaman) juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pilkada ditengah situasi new normal menghadapi sejumlah tantangan, yaitu : aspek penyelanggaraan, aspek manajemen, aspek penyelanggara pemilu, aspek peserta pemilu, dan aspek pemilih.
Di masa Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat beradaptasi dengan kenormalan yang baru. Pelaksanan pemilihan yang sehat (free and fair elction) akan menetukan pemimpin yang dihasilkan.

Pelaksanaan pilkada yang bersamaan dengan penanganan wabah Covid-19, potensi pelanggaran dimungkinkan meningkat, semisal persoalan daftar pemilih yang kemungkinan tidak akurat jika dilakukan secara daring, logistik pemilih, potensi korupsi pengadaan barang dan jasa, verifikasi administrasi dan verifikasi faktua serta teknis pemungutan dan perhitungan suara.
Dalam hal penyelanggaraan pilkada tidak menutup kemungkinan akan terjadi politik uang yang nampaknya semakin merajalela, hal ini berkaitan dengan situasi ekonomi rakyat yang sedang melemah. (Intan)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan