Covid-19 atau Virus Corona, Apa Bedanya?

Wabah penyakit Covid-19 telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Mulanya, penyakit ini kerap disebut sebagai Corona. Lalu, apa sebenarnya perbedaan Covid-19 dengan virus Corona?.
Perbedaan mendasar antara Corona dan Covid-19 ialah soal pelabelannya. Corona, merupakan nama virusnya, sedangkan Covid-19 ialah nama resmi untuk penyakit yang disebabkan oleh virus Corona.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia, WHO secara resmi menamai penyakit virus Corona yang pertama kali diidentifikasi di Cina (Wuhan) pada 31 Desember itu dengan nama Covid-19. “Kami sekarang memiliki nama untuk penyakit ini dan itu Covid-19,” kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan di Jenewa, seperti dikutip AFP, Selasa (11/2/2020).

Sementara itu, Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto sempat menjelaskan soal Covid-19 ini. Dia menyebut Covid-19 ialah nama penyakit.

“Tanya lagi apakah bukan Covid-19? Mereka nggak tetap sebutkan virusnya, kenapa sebutan virusnya beda, nama penyakit covid-19, penyebabnya SARS Covid tipe 2. Dan Ini jadi pola analog, sama dengan SARS 2002, sekarang jadi flu biasa, H1N1, lama-lama jadi flu biasa” ujar juru bicara pemerintah terkait virus Corona, Achmad Yurianto, Selasa (3/3/2020).

Saat di Indonesia terdapat 2 WNI positif terkena corona virus. Dinas Kesehatan Sumbar meminta masyarakat agar tidak cemas akan penyebaran virus corona di Sumatera Barat (Sumbar). Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday “Masyarakat hanya perlu berperilaku hidup bersih dan sehat. Lalu, rajin cuci tangan. Kalau bersin dan batuk, disarankan jangan di depan orang. Kalau bersin gunakan masker”.

Selain itu, Merry Yuliesday juga menyarankan agar warga mengurangi mobilisasi apalagi ke luar negeri supaya tak terinfeksi. “Setiap orang yang ditemui belum tentu terkena virus corona atau tidak. Jangankan ke luar ngeri, ke Jakarta pun kita belum tahu orang yang duduk dekat kita. Dan kita sendiri yang harus safety dan menjaga diri”. (Intan)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan