Festival Kesenian Daerah Kecamatan Pariaman Selatan

Jum’at, 22 November 2019-

Pemerintah Kecamatan Pariaman Selatan menggelar Festival Kesenian Daerah 2019 di Desa Pasir Sunur, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Jumat (22/11/2019) sore.

Festival yang menampilkan pameran produk unggulan desa, lomba gandang tasa tradisional dan penampilan kesenian daerah yakni tari pasambahan, tari indang, petatah petitih, pencak silat dan atraksi debus rantai tersebut berlangsung sampai tanggal 24 November 2019.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin secara simbolis memukul gandang tambua membuka kegiatan tersebut didampingi Kepala DPMDes, Efendi Jamal, Camat Pariaman Selatan, Suryadi, kepala desa se-Kecamatan Pariaman Selatan serta para pemangku adat Kenagarian Kurai Taji, Kenagarian Sunur, Kenagarian Lareh Nan Panjang yang bergabung dalam satu wilayah Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman.

“ Apresiasi kita terhadap pemerintah Kecamatan Pariaman Selatan, bersama seluruh kepala desa dan masyarakatnya yang telah menggeliatkan kembali kesenian daerah melalui pergelaran seni tari, musik tradisional, petatah petitih adat, pencak silat dan debus “, ujarnya saat diwawancarai tim Media Center Kota Pariaman.

Ia menambahkan bahwa, kegiatan ini sangat positif sekali, ketika kesenian daerah kita mulai tergerus zaman dan generasi terpengaruh oleh era globalisasi.

” Ini merupakan peluang untuk mengenalkan kembali kepada masyarakat tentang pentingnya melestarikan budaya kita yang didaerah lain pun belum tentu mereka punya “, ungkap wawako yang juda mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini.

“ Selain pagelaran kesenian, juga ada pameran produk unggulan yang diperlihatkan oleh masing-masing desa, antusiasme masyarakat desa dalam berpartisipasi sangat kita apresiasi “, sambungnya.

Lebih lanjut, Mardison mengatakan, aset kita memang perlu dikembangkan kembali, produk unggulan semacam usaha kecil mikro (UKM), bermacam produk unggulan dipamerkan seperti kerajinan tangan, rajutan, sulaman dan batik kemudian juga produk kuliner khas Kota Pariaman juga ada.

Kita berharap kedepan ada festival-festival lainnya di seluruh kecamatan di Kota Pariaman, kita ingin kecamatan lain termotivasi dan mencontoh kegiatan semacam ini dalam rangka mambangkik batang tarandam.(Syifa)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan