PENGUATAN SDM MELALUI BIMTEK PENGELOLAAN ARSIP

Aparatur Desa se-Kecamatan Pariaman Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Perpustakaan dan Kearsipan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung.Jum’at (18/10/2019).

Arsip adalah surat masuk dan keluar harus menjadi satu kesatuan, tidak dipisah, jelasnya. Arsip dibedakan dalam dua kategori, pertama yaitu dinamis sifatnya aktif, masih sering digunakan, atau kegiatannya masih berlangsung dan disebut berkas kerja. Idealnya disimpan di meja kerja, tapi kalau sudah selesai namanya arsip aktif yang disimpan di filing cabinet atau record center atau unit kearsipan, dan disebut inaktif jika sudah dipindahkan berarti sudah inaktif. Kategori kedua adalah statis yaitu berkas yang disimpan selama-lamanya.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari ini, dari Jum’at hingga Sabtu (18-19/10/2018), dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Sijunjung Drs. Darlias, Narasumber serta undangan lainnya dan diikuti oleh 90 peserta berasal dari pemerintah desa se-Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs. Darlias selaku ketua pelaksana melaporkan, penyelenggaraan Bimtek ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman tentang pengelolaan perpustakaan dan kearsipan dalam instansi pemerintahan yang baik pada masing masing sekolah.

Sedangkan Narasumber berasal dari  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung satu orang,tambahnya. Syifa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan