Pencanangan BBGRM 2019 Tingkat Kecamatan Pariaman Selatan di Desa Pauh Kuraitaji

Penyerahan alat gotongroyong oleh Kadis PMDes, Efendi Jamal kepada LPM Desa Pauh Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (18/7/2019).

Kominfo Kota Pariaman — Demi menciptakan desa yang bersih, nyaman dan aman guna mewujudkan desa wisata, Kecamatan Pariaman Selatan melaksanakan kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XXI Tingkat Kecamatan Pariaman Selatan di Desa Pauh Kuraitaji, Kamis (18/7/2019).

Walikota Pariaman diwakilkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal secara resmi membuka kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan BBGRM ini merupakan implementasi terhadap upaya pemeliharaan dan pengembangan semangat kegotongroyongan masyarakat, dalam pembangunan desa/kelurahan, mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

” BBGRM adalah modal sosial dari masyarakat untuk bahu membahu menyelesaikan setiap permasalahan, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan peran serta atau bagaimana kualitas dari lembaga masyarakat yang ada di desa/kelurahan “, ujarnya.

Ia mengimbau kepada aparat desa maupun tokoh masyarakat supaya menanamkan semangat gotong royong ini kepada masyarakatnya.” Jangan menitik beratkan tugas bersama ini kepada  barakai (petugas kebersihan desa) saja, karena satu orang petugas barakai tiap dusun saja tidak cukup mampu untuk menjaga kebersihan dusun maupun desa, perlu campur tangan masyarakat dalam melakukan gotong royong bersama “, tambahnya.

Sesuai dengan visi pembangunan daerah Kota Pariaman yang dituangkan dalam RPJMD 2018-2023 yaitu menjadikan Kota Pariaman kota wisata, perdagangan, jasa yang religius dan berbudaya. ” Kita dipemerintah desa memiliki program dalam mewujudkannya yaitu DEDI (desa digital) dan DEWI (desa wisata) dan desa digital ini sudah lebih dulu diterapkan di Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan “, pungkasnya.

” Kita patut mengapresiasi Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan yang berhasil menjadi terbaik III penilaian lomba desa tingkat Sumatera Barat 2019. Salah satu inovasi yang dibuatnya adalah program desa digital, yang mampu melayani masyarakat dengan cara tiga klik surat selesai, semoga kedepan semakin banyak lagi Desa Sikabu lainnya menyusul inovasi ini “, jelas mantan Kadis Pariwisata Kota Pariaman tersebut.

Diakhir sambutannya, Efendi Jamal berharap semoga kegiatan ini dapat membangkitkan dan melestarikan semangat gotong royong di tengah masyarakat Kecamatan Pariaman Selatan yang motor penggeraknya adalah kepala desa, bersama BPD, LPM, PKK, tokoh masyarakat, karang taruna dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan alat gotongroyong kepada masyarakat Desa Pauh Kuraitaji, dilanjutkan dengan penanaman bibit durian secara simbolis oleh Kadis PMDes, Efendi Jamal, Camat Pariaman Selatan, Kapolsek Pariaman, Danramil Pariaman serta 16 kepala desa, LPM, BPD di Kecamatan Pariaman Selatan. (Erwin)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan